Hijab Kontrak Mati

"Kapan berhijab?"
"Duh kelakuan gue masih begini. Nanti dulu deh, sekarang gue mau jilbabin hati gue dulu."

Sering denger yang kaya gitu? Atau malah justru pernah ngomong kaya gitu? Tenang lo ga sendiri, karena dulu gue juga gitu. Sebenernya apasih yang lo takutin dengan berhijab? Kalo gue pribadi, dulu yang gue takutin adalah takut dibilang alim padahal kelakuan masih ngawur, takut keliatan ga cantik lagi, gabisa pake baju lucu-lucu lagi, entar rambutnya gabisa dimacem-macemin, gabisa kibas-kibas, takut gabisa ngelakuin hal-hal tertentu (yang kiranya ga pantes gue lakuin kalo udah berhijab) dan segudang ketakutan lainnya. Ngerasa gitu juga? Pasti sih... Trust me, i felt what you feel. Dulu bahkan planning-nya, gue mau berhijab nanti aja kalo gue udah puas sama masa muda, nanti aja kalo udah nikah, nanti aja kalo udah emak-emak, kalo udah punya anak. Tapi alhamdulillah keburu dapet hidayah dari Allah, sehingga gue bisa berhijab tanpa harus nunggu tua.

Gue termasuk tipe orang yang cukup komit dengan hal-hal personal, semisal berhijab atau engga. Lagi pula kalo udah berhijab nanti, gue pengennya istiqomah, gue gamau buka tutup, karena gue bukan jalur arah puncak (buka-tutup). Walaupun gue sering banget diceletukin sama kakak gue buat berhijab, tapi gue kepala batu, keukeuh beneur belum mau berhijab. Jujur, kalo diceletukin atau disindir, justru ga bakal kena di gue, yang ada gue malah jadi males, jadi panas sendiri, dan ngerasa kaya "apaan sih nih orang udah berasa paling bener apa ya nyuruh-nyuruh gue berhijab, biarin sih hidup-hidup gue, gue juga nanti bakalan berhijab kok, gausah dikasih tau gue juga udah tau!" ya dulu yang ada di benak gue kurang lebih begitu. Pokoknya kalo ada yang nyindir malah bakalan ketangkis, hati gue bakal nolak, dan justru malah sebel sama orang yang nyindir itu. Menurut gue nyeletukin/nyindir bukanlah cara yang tepat untuk nasihatin orang yang hatinya lagi kegempur sama bisikin syeiton, pasti ada cara lain yang lebih efektif, tapi perkara efektif apa engganya, sebenernya balik lagi ke diri mereka masing-masing sih. Makanya, meskipun gue sekarang (alhamdulillah) udah berhijab, gue gamau nyindirin mereka yang belum berhijab kaya gitu.

2015
Gue lagi kecanduan instagram, gue seneng banget liat foto-foto selebgram hijab ootd, style-nya banyak yang lucu, jadi lumayan buat nambah referensi fashion. Mulai terlintas di benak gue, “oh orang pake hijab gayanya masih tetep bisa kaya gitu ya.”

Di (hampir) pertengahan tahun, temen sekelas gue (temen kuliah) ada yang MENINGGAL! Seketika gue jleb dan jadi mikir, ya Allah, dia meninggal semuda itu, dan gue reflect ngomong "ahhhh gue belom berhijab" :(( Gue sadar umur gada yang tau, temen yang gue kenal selama ini, bisa mendadak meninggal muda, dan itu bisa terjadi ke siapa aja, karena gada jaminan umur kita bakalan panjang, kita gatau kapan kita meninggal, dan salah satu hal yang harus gue lakuin sebelum meninggal adalah "berhijab", karena gue gamau kain kafan jadi hijab pertama gue. Naudzubillah.

Setelah kejadian temen gue yang meninggal itu, gue ga serta-merta langsung berhijab, bisikan syeiton dan ego gue masih terlalu kuat waktu itu, bahkan ngalahin hidayah yang dateng. Selang beberapa bulan, disaat gue mulai ngeyakinin diri gue, gue mulai beli hijab yang lagi hits kaya yang dipake selebgram. Finally, di bulan ke-2 gue magang, tepatnya awal bulan Agustus 2015, alhamdulillah gue mutusin untuk BERHIJAB! Gue sadar, kalo gue nunggu sampe kelakuan gue bener atau nunggu sampe gue jadi soleha/alim, kapan gue mulainya? Kalo bukan sekarang kapan lagi? Mau nunggu gue mati terus entar nyesel? Naudzubillah. Lagi pula, syarat berhijab itu kan setelah baligh, bukan setelah baik.

Hari pertama berhijab, orang PT pada kaget liat perubahan gue, rata-rata response-nya positif sih, pada bilang cantik (gue jadi makin semangat buat istiqomah), bahkan ada satu orang yang jadi manggil "Aisyah" (salah satu nama tokoh di film Ayat-ayat Cinta), tiap papasan sama dia, pasti dia manggil "Aisyah..." yaudah gue jawab aja, "Fahri..." sambil ketawa. Meskipun mayoritas pada dukung, tapi namanya orang hijrah pasti ada aja orang yang bikin jleb, emang Allah biasanya suka ngirim orang-orang tertentu buat nguji iman kita bakal goyah lagi apa engga. Salah satu staff HRD di PT tempat gue magang, ngerasa keheranan karena kemarin gue belum berhijab, kenapa mendadak sekarang pake? Dia sendiri belum berhijab, jadi mungkin dia curious gue dapet hidayah dari mana, "kok kamu berhijab sih? Disuruh kakak kamu ya?" dia kaya ga percaya gitu. Fyi, kakak gue kerja di PT itu juga, makanya dia tau kakak gue. Gue jawab, "engga kok, kemauan sendiri", dia masih kurang puas gitu sama jawaban gue dan masih kepo pengen nanya-nanya, saat dia mulai ngajuin pertanyaan selanjutnya, staff lainnya (yang ngerasa seneng dengan perubahan gue), mereka jadi buka suara, dan bantuin jawab pertanyaan staff HRD tadi. Gue milih diem aja sambil senyum, bagus deh jadi ga perlu capek-capek jawab karena udah banyak jubir hihi. Intinya mah gue jadi seneng dan semangat, karena dapet response positive, mulai dari staff office sampe security PT.

Hijrah emang gampang, tapi yang susah itu istiqomahnya. Meskipun gue udah berhijab, di benak gue masih terlintas "eh ini gue beneran udah berhijab?" masih ga yakin sama keputusan besar yang udah gue ambil, dan di saat masa terendah kaya gitu, Allah Yang Maha Baik mengirimkan orang baik sebagai perantara untuk menguatkan. Jadi, gue cerita semua keresahan yang gue rasain sama temen gue, karena rasanya mau meledak, perang batin ngelawan diri sendiri itu ga mudah. Berikut conversation gue sama temen gue, agak lupa persisnya sih karena udah lumayan lama :
Gue : "Gue ga yakin nih, keputusan yang gue ambil udah bener belum sih.."
Dia : "Keputusan yang lo ambil ini udah bener, lo udah one step maju ke depan, jangan sampe lo mundur lagi ke belakang dengan ngelepas hijab lo. Jadiin Hijab Kontrak Mati!"
Gue : "Tapi gue masih pengen nyobain ini itu, gue pengen nyobain bandel dulu mumpung masih muda."
Dia : "Cewe bandel biar apasih? Ngapain?
Gue : *diem* *mikir*
Dia : Lagi pula cowo lebih suka lagi sama yang berhijab, tertutup, jadi bikin penasaran, daripada yang kebuka."
Gue : *mikir lagi*
Dia : "Mulai dari perbaiki solat dulu. Kita sama-sama perbaiki diri..."
Gue lupa apalagi terusan kata-kata temen gue itu. Ya intinya dari situ gue jadi sadar dan makin yakin untuk istiqomah. Tabir hidup gue serasa kebuka. Padahal temen gue itu agak ngawur juga sama kaya gue, tapi gatau kenapa dia jadi golden ways gitu. Super sekali, Pak Mario! Tapi kata-katanya bener banget loh, mulai dari perbaiki solat 5 waktu dulu, diusahain jangan bolong-bolong, semales apapun walaupun belum bisa khusyuk tapi harus dipaksain.

Perenungan buat yang belum mau berhijab
Berhijab itu ga perlu nunggu alim. Jangan takut kalo awalnya bakal ada yang ngeledek atau komen negatif, itu bagian dari bumbu-bumbu proses hijrah. Gue juga awalnya takut kok dibilang alim karena tau kelakuan masih ngawur, tapi kalo udah niat, insya Allah, sama Allah akan diarahin ke arah yang lebih baik. Pelan-pelan, semuanya butuh proses, sampe sekarang gue juga masih proses untuk terus perbaiki diri. Tapi coba pake dulu. Jangan tunggu tua apalagi tunggu mati. Jangan sampe kain kafan jadi hijab pertama kalian. Naudzubillahimindzalik. Nutup aurat juga bukan buat Allah, tapi buat diri kita sendiri, karena wanita muslimah itu mulia, ga sembarangan orang bisa liat aurat kita, ga sembarangan orang bisa pegang-pegang kita :") Kalo hidayah udah dateng di hati kalian, buru-buru ditangkep, jangan sampe pergi lagi! Dan bagi yang udah berhijab, semoga bisa istiqomah sama hijabnya sampe mati. Aamiin ya robbal alamin. ❤️

Comments

  1. Subhanallah... Tulisan yang bener2 keren abis.. :)

    ReplyDelete
  2. Halo kak! Aku nemu blog kakak dari antah berantah deh pokonya hehe.
    Background bunganya suka, kaya nama aku, Zahrah wkwkw.

    Seneng aja bacain tulisan kaka mengenai hijrah ini. Aku ga pernah meraskaan apa yg kaka rasain, yaitu perubahan.....kegelisahan dalam memakai hijab. Krn dari SD aku dah masuk SD Islam, dan dari keluarga besar juga berjilbab semua. Dan jilbabnya yg alhamdulillah syar'i. Jadi untuk diri sendiri ataupun lingkungan, aku ga ada kesulitan sama sekali. Bahkan ketika di SMP atau SMA negeri, aku merasa gak pernah punya pikiran untuk lepas jilbab.

    Eh tapi pernah deng, waktu SMP. Di medsos. Yah namanya anak SMP negeri yg gaulnya sm beragam jenis siswa dr berbagai kalangan. Aku sering tuh upload foto gapake jilbab tanpa sepengetahuan ortu. Tp hbs itu kesininya sadar bgt.

    Thanks for sahring ka <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Zahrah salam kenal! Thank you udah baca dan appreciate 🙏 kamu beruntung udah berhijab dari SD, walaupun kamu sempet hilaf ya upload foto ga pake hijab hehe. Dulu pas awal hijrah aku juga pernah sih kaya gitu, cuek aja upload foto lama yang ga berhijab karena mikir mubazir ga di upload lagi pula foto lama apa salahnya, tapi alhamdulillah dapet hidayah dan sadar kalo sbnrnya upload foto yg ga berhijab malah lebih parah krn socmed itu skala worldwide, bayangin berapa bnyk org yg bukan mahrom yg liat aurat kita, di seluruh dunia? Terus apa bedanya sama ga pake hijab kan kalo gitu? Fatalnya bisa aja di save sama siapa pun yg liat. Semoga kita bisa sama-sama istiqomah dan jd pribadi yg lebih baik ya. Aamiin 💗

      Delete
  3. Haii,tulisannya keren dan selama ini gw mengikuti perkembangan dari lu,haha


    Sukses untuk hijabnya dan semoga selalu ada keberkahan dari Allah SWT di tiap harinya..

    Awal liat lu dari foto2 IG pas masuk kuliah tentang foto lu yang lucu dan nyeleneh bikin ngakak teramat bahkan sekarang suka ketawa kalau liat story IG lu, tapi gw salut dengan perubahan yang lu lakuin sekarang meninggalkan suatu keburukan karena Allah SWT, bahkan foto2 lu yang tanpa hijab lu basmi hingga akarnya.

    Semangat untuk menuju jalan kebaikan semoga selalu terjaga untuk suaminya nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Allah. Terima kasih untuk do'a nya yang baik-baik :") terharu bacanya :")

      Btw ini siapa? PP nya kenapa pake foto mantan gue (Calvin Harris) haha. Ga nyangka sih ternyata ada orang yang pay attention sama apa yang gue lakuin via instagram, mulai dari jaman awal kuliah dulu. Padahal seleb bukan apa bukan :") semoga ada faedahnya deh ya follow gue 😂

      Lagi sedih sebenernya dari kemarin, tapi alhamdulillah sekarang moodnya jadi baikan, gue di good comment sama stranger kaya gini aja udah seneng haha. Whoever you are, thank youuu! 🤗

      Delete

Post a Comment

Popular Posts